Skip to main content

Posts

sistem kerja pompa oli sederhana

Sistem kerja pompa pelumas sederhana

Assalamualaikum,,J Barang baru,, barang baru,,, hehehe,,, kawan berbagi cerita sedikit ini tentang barang-barang yang ada di sekitar kita. Kadang rasa malas selalu menghinggapi kita untuk sedikit berpikir analisis tentang benda-benda yang ada di sekitar kita ini. betul kah? Hehe, Begini begini, kali ini mumpung sempat sini nih,,, tak certain tentang tentang bagaimana sistem kerja alat penyemprot minyak pelumas yang biasanya digunakan untuk melumasi komponen-komponen permesinan. Untuk mengetahui bagaimana sistem kerjanya, maka pembedahan atau surgery harus dilakukan. Jika gambar diatas menggambarkan bentuk penyemprot atau pompe dari luar, maka
Recent posts

prinsip kerja kapal selam sederhana

Membuat kapal selam sederhana dari botol bekas

Assalamualaikum wr. Wb. J
Kawan, ada yang tahu kapal selam?? Uhm, ini nih sedikit berbagi cerita tentang bagaimana prinsip kerja kapal selam dan tentunya cara pembuatan miniaturnya. Gimana? Gimana? Mau??? Ayok, siap-siap disimak ya

Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices.


Kemudian pada tahun 1620, Cornelis Drebbel, membuat kapal selam yang berbentuk seperti dua perahu yang di susun dan di tutup …

MACAM MACAM BATIK INDONESIA

INDAHNYA BATIK, ASLI WARISAN BUDAYA INDONESIA

Corak dan motif batik Indonesia sendiri sangat banyak, ada yang merupakan motif asli dari nenek moyang bangsa kita dan ada juga yang merupakan akulturasi dengan bangsa lain.
Di bawah ini merupakan macam-macam batik yang terdapat di Indonesia:
1. Batik Kraton
batik paling awal dibuat


Batik Kraton awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton.
Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang biasa seperti motif Parang Barong, Parang Rusak termasuk Udan Liris, dan beberapa motif lainnya.
2. Batik Sudagaran



Motif larangan dari kalangan keraton merangsang seniman dari kaum saudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat saudagar.
Mereka juga mengubah motif larangan sehingga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum. Desain batik Sudagaran umumny…

Cara pemasangan dan pengaturan panjang langkah pahat pada mesin sekrap

Prosedur Pengoperasian Mesin Skrap :
1.) Langkah-langkah pemasangan pisau pahat

a. Kendorkan mur penahan pahat atau sering disebut (kunci kepala pahat), kemudian masukkan pisau pahat dengan panjang tertentu sesuai pada gambar yang diberi tanda lingkaran merah sesuai gambar dibawah ini.

dapt mengatur letak mata pisau pahat



b. Posisikan mata pisau dengan bagian mata pisau yang tajam menghadap keluar atau menjauh dari mesin, tujuannya agar pahat dapat memakan benda kerja tetapi pada gerakan baliknya tidak memakan seperti yang ditunjukan pada lingkaran kuning dibawah ini.

agar hasil yang didapap optimal

c. Untuk mengatur kemiringan mata pisau, maka kendorkan baut penahan kemudian miringkan posisi mata pisau sesuai kebutuhan pada alur yang telah ada.

kemiringan sesuai bahan material




2.) Pengaturan Panjang Langkah pada mesin sekrap :
a. Untuk mengatur panjang langkah pisau maka yang dilakukan adalah mematikan mesin terlebih dahulu dengan menekan tuas penggerak mesin.

b. …

kapal otok - otok

assalamu'alaikum wr wb,, :)
temen2... masih tertarik dengan kapal mungil asli indonesia ini???mau tau ga kenapa mainan ini bisa berbunyi "otokotokotokotokototkkkkkk....""" hehehehhee..
bentar2,, sabar,, kali ini tak tampilin 1 gambar aja ya,, dicermati gambarnya, lucu lho,, heheh tapi yang penting bukan lucunya, tapi pemahamannya,,
jadi,, pada kapal otok-otok terdapat 6 gerakan kapal akibat adanya air mendidih yang keluar dari pipa, lihat pernomor ya..

1. gerakan keatas dari senjata
2. gerakan anggukan senjata
3. gerakan keatas dari kapal
4. gerakan anggukan kapal
5. gerakan keluarnya air
6. gerakan kembali masuknya air

nah,, ayok dibahas secara runtut,, hehe, dimulai dari awaal ya..
a.) sebelum dimasukkan ke air pipa diisi air dulu,,pertanyaanya kenapa air tidak keluar dari pipa saat badan kapal mulai memasuki air, padahal dapat dilihat permukaan air pada pipa berada diatas permukaan air (WL),, jadi pipa ini berukuran sangat kecil dari pada penampang air, sehi…