Skip to main content

kapal otok - otok

assalamu'alaikum wr wb,, :)
temen2... masih tertarik dengan kapal mungil asli indonesia ini???mau tau ga kenapa mainan ini bisa berbunyi "otokotokotokotokototkkkkkk....""" hehehehhee..
bentar2,, sabar,, kali ini tak tampilin 1 gambar aja ya,, dicermati gambarnya, lucu lho,, heheh tapi yang penting bukan lucunya, tapi pemahamannya,,
jadi,, pada kapal otok-otok terdapat 6 gerakan kapal akibat adanya air mendidih yang keluar dari pipa, lihat pernomor ya..

1. gerakan keatas dari senjata
2. gerakan anggukan senjata
3. gerakan keatas dari kapal
4. gerakan anggukan kapal
5. gerakan keluarnya air
6. gerakan kembali masuknya air

nah,, ayok dibahas secara runtut,, hehe, dimulai dari awaal ya..
a.) sebelum dimasukkan ke air pipa diisi air dulu,,pertanyaanya kenapa air tidak keluar dari pipa saat badan kapal mulai memasuki air, padahal dapat dilihat permukaan air pada pipa berada diatas permukaan air (WL),, jadi pipa ini berukuran sangat kecil dari pada penampang air, sehingga disebut pipa kapiler, pada pipa kapiler air mengalami adesi yang lebih besar dari pada kohesi. makanya si ar tidak mau keluar. ini juga perlu perhitungan kemirinngan pipa yang tepat agar air dapt bertahan didalam pipa. ciee betah ni ye,, hehe tautautau??
b.) kemudian tungku dimasukkan, sehingga memanaskan air sampai mendidih,, akibat mendidih air menekan keluar dari pipa, saat keluar air menimbulkan getaran dan suara "tok..:", karena permukaan pipa hampir sejajar dengan WL, lhaaaahhh,, getaran ini merambat sampai plat yang ada di depan, sehingga menggerakkan senjata kapal yang memang didessain dengan lebih panjang bagian dalam agar dapat selalu menempel pada plat. ketika mendapat getaran, senjata akan bergerak keatas pada gerakan nomor 1.
c.) tahap berikutnya, diikuti gerakan anggukan kapal karena air yang mendidih sebagian berubah menjadi gelembung akibatnya bagian belakang kapal terangkat, dan kembali memasukkan air ke pipa kapiler(*gerakan nomor 6),
d.) saat kembali kebawah (gerakan 4), bersamaan senjata juga kembali menyentuh plat(gerakan 2) dan meghasilkan suara "tok....."
e.) nah, akibat kombinasi yang kompleks itulah, air menjadi suatu rantai sklus pembakaran yang kontinu,, dan tidak lupa "otokotokotokotokotok...." heheheheeh,

Sekarang, bayangkan,, bagaimana seorang pembuat kapal otok2 yang notabene kurang dalm pendidikan,, dapat membuat sistem yang terbilkang kompleks,,
jelas, si pembuat tak tahu mengenai "jet propulsion", "kemiringan pipa kapiler" , "pembakaran ulang", "sistem piston".. tapi,Subhanallah,, begitu hebatnya Allah sehingga memberi rahmat pada orang Indonesia ,, this is how GREAT ALLAH... :) percaya percaya percaya??? Waallahualam bishawab,,,
Semoga bermanfaat ya kawan,,, :DAssalamu'alaikum..

Comments

Popular posts from this blog

Cara pemasangan dan pengaturan panjang langkah pahat pada mesin sekrap

Prosedur Pengoperasian Mesin Skrap : 1.) Langkah-langkah pemasangan pisau pahat a. Kendorkan mur penahan pahat atau sering disebut (kunci kepala pahat), kemudian masukkan pisau pahat dengan panjang tertentu sesuai pada gambar yang diberi tanda lingkaran merah sesuai gambar dibawah ini. dapt mengatur letak mata pisau pahat b. Posisikan mata pisau dengan bagian mata pisau yang tajam menghadap keluar atau menjauh dari mesin, tujuannya agar pahat dapat memakan benda kerja tetapi pada gerakan baliknya tidak memakan seperti yang ditunjukan pada lingkaran kuning dibawah ini. agar hasil yang didapap optimal c. Untuk mengatur kemiringan mata pisau, maka kendorkan baut penahan kemudian miringkan posisi mata pisau sesuai kebutuhan pada alur yang telah ada. kemiringan sesuai bahan material 2.) Pengaturan Panjang Langkah pada mesin sekrap : a. Untuk mengatur panjang langkah pisau maka yang dilakukan adalah mematikan mesin terlebih dahulu dengan menekan tuas p

sistem kerja pompa oli sederhana

Sistem kerja pompa pelumas sederhana Assalamualaikum,,   J Barang baru,, barang baru,,, hehehe,,, kawan berbagi cerita sedikit ini tentang barang-barang yang ada di sekitar kita. Kadang rasa malas selalu menghinggapi kita untuk sedikit berpikir analisis tentang benda-benda yang ada di sekitar kita ini. betul kah? Hehe, Begini begini, kali ini mumpung sempat sini nih,,, tak certain tentang tentang bagaimana sistem kerja alat penyemprot minyak pelumas yang biasanya digunakan untuk melumasi komponen-komponen permesinan. Untuk mengetahui bagaimana sistem kerjanya, maka pembedahan atau surgery harus dilakukan. Jika gambar diatas menggambarkan bentuk penyemprot atau pompe dari luar, maka

prinsip kerja kapal selam sederhana

Membuat kapal selam sederhana dari botol bekas Assalamualaikum wr. Wb. J Kawan, ada yang tahu kapal selam?? Uhm, ini nih sedikit berbagi cerita tentang bagaimana prinsip kerja kapal selam dan tentunya cara pembuatan miniaturnya. Gimana? Gimana? Mau??? Ayok, siap-siap disimak ya Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices. Kemudian pada tahun 1620, Cornelis Drebbel, membuat kapal selam yang berbentuk seperti dua perahu yang di susun dan di