Skip to main content

Cara pemasangan dan pengaturan panjang langkah pahat pada mesin sekrap

Prosedur Pengoperasian Mesin Skrap :
1.) Langkah-langkah pemasangan pisau pahat

a. Kendorkan mur penahan pahat atau sering disebut (kunci kepala pahat), kemudian masukkan pisau pahat dengan panjang tertentu sesuai pada gambar yang diberi tanda lingkaran merah sesuai gambar dibawah ini.

dapt mengatur letak mata pisau pahat



b. Posisikan mata pisau dengan bagian mata pisau yang tajam menghadap keluar atau menjauh dari mesin, tujuannya agar pahat dapat memakan benda kerja tetapi pada gerakan baliknya tidak memakan seperti yang ditunjukan pada lingkaran kuning dibawah ini.

agar hasil yang didapap optimal

c. Untuk mengatur kemiringan mata pisau, maka kendorkan baut penahan kemudian miringkan posisi mata pisau sesuai kebutuhan pada alur yang telah ada.

kemiringan sesuai bahan material




2.) Pengaturan Panjang Langkah pada mesin sekrap :
a. Untuk mengatur panjang langkah pisau maka yang dilakukan adalah mematikan mesin terlebih dahulu dengan menekan tuas penggerak mesin.

b. Kemudian atur Tombol Dial panjang langkah atau tobol pengatur langkah pada gambar dibawah ini. Dengan cara menarik kunci ram yang ada ditengah-tengah tombol. Kemudian memutar tombol, untuk putaran ke kanan maka langkah akan semakin panjang sedangkan putaran ke kiri membuat langkah semakin pendek. Langkah maksimal yang dapat dicapai adalh 1000 mm.

maka dapat ditentukan berapa panjang langkah yang akan didapatkan

c. Kemudian jika ingin mengubah posisi benda kerja dari posisi langkah pendek ke langkah panjang atau sebaliknya, dapat dilakukan dengan langkah mengendorkan baut yang mengunci ragum dengan meja kerja. Kemudian memutar ragum, hingga tercapai posisi yang diinginkan. Lihat gambar di bawah ini.

memutar baut agar cekam bahan dapat diubah posisinya

Comments

Popular posts from this blog

prinsip kerja kapal selam sederhana

Membuat kapal selam sederhana dari botol bekas

Assalamualaikum wr. Wb. J
Kawan, ada yang tahu kapal selam?? Uhm, ini nih sedikit berbagi cerita tentang bagaimana prinsip kerja kapal selam dan tentunya cara pembuatan miniaturnya. Gimana? Gimana? Mau??? Ayok, siap-siap disimak ya

Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices.


Kemudian pada tahun 1620, Cornelis Drebbel, membuat kapal selam yang berbentuk seperti dua perahu yang di susun dan di tutup …

kapal otok - otok

assalamu'alaikum wr wb,, :)
temen2... masih tertarik dengan kapal mungil asli indonesia ini???mau tau ga kenapa mainan ini bisa berbunyi "otokotokotokotokototkkkkkk....""" hehehehhee..
bentar2,, sabar,, kali ini tak tampilin 1 gambar aja ya,, dicermati gambarnya, lucu lho,, heheh tapi yang penting bukan lucunya, tapi pemahamannya,,
jadi,, pada kapal otok-otok terdapat 6 gerakan kapal akibat adanya air mendidih yang keluar dari pipa, lihat pernomor ya..

1. gerakan keatas dari senjata
2. gerakan anggukan senjata
3. gerakan keatas dari kapal
4. gerakan anggukan kapal
5. gerakan keluarnya air
6. gerakan kembali masuknya air

nah,, ayok dibahas secara runtut,, hehe, dimulai dari awaal ya..
a.) sebelum dimasukkan ke air pipa diisi air dulu,,pertanyaanya kenapa air tidak keluar dari pipa saat badan kapal mulai memasuki air, padahal dapat dilihat permukaan air pada pipa berada diatas permukaan air (WL),, jadi pipa ini berukuran sangat kecil dari pada penampang air, sehi…