Skip to main content

prinsip kerja kapal selam sederhana

Membuat kapal selam sederhana dari botol bekas

Assalamualaikum wr. Wb. J
Kawan, ada yang tahu kapal selam?? Uhm, ini nih sedikit berbagi cerita tentang bagaimana prinsip kerja kapal selam dan tentunya cara pembuatan miniaturnya. Gimana? Gimana? Mau??? Ayok, siap-siap disimak ya

Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata, melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices.


Kemudian pada tahun 1620, Cornelis Drebbel, membuat kapal selam yang berbentuk seperti dua perahu yang di susun dan di tutup dengan kulit agar kedap air. Kapal ini berhasil menyelam sedalam 360 sampai 450 cm dengan didayung oleh 12 orang. Lubang-lubang dayungannya juga dibuat sedemikian rupa sehingga tidak kemasukan air.



Pada tahun 1680 Giovanni Alfonso Borelli dari Italia juga merancang kapal selam yang digerakkan dengan dayung dan memakai kantung-kantung pengapung dari kulit kambing. Namun rancangan itu baru terwujud ketika Nethaniel Symons meniru rancangan Borelli pada tahun 1747 dan mengujinya di Sungai Themes. Kapal ini mampu bertahan di dalam air selama 45 menit.

Pada tahun 1775, David Bushnell membuat sebuah kapal selam yang diberi nama Turtle (Penyu). Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, dan terbuat dari kayu. Kapal selam yang digerakkan menggunakan mesin uap mulai ditemukan oleh Robert Fulton pada tahun 1799. Kapal yang berukuran 7,4 m dan berbentuk seperti cerutu ini mampu menyelam selama 6 jam dan membawa empat orang awak di dalamnya.



Kapal selam penyu

Pada tahun 1850, Wilhelm Bauer menghasilkan kapal selam bergelar Brandtaucher (Penyelam Api) dan tahun 1855 menghasilkan kapal selam Seateufel (Setan Laut) sepanjang 52 kaki untuk tentara laut imperial Rusia. Pada tahun 1886 diluncurkan sebuah kapal selam buatan Spanyol yang menggunakan dua motor elektrik 30 tenaga kuda. Selanjutnya, Perancis meluncurkan Gymnote (Belut) pada April 1887.

Kapal selam yang lebih maju lagi dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1900. Kapal yang panjangnya 1.590 cm, dijalankan dengan tenaga mesin bensin dan listrik ini diberi nama Holland, sesuai dengan nama penemunya John PG Holland. Karena merupakan bagian peralatan militer, kapal ini dilengkapi dengan persenjataan, di antaranya adalah torpedo. Pada tahun 1906, pihak Jerman mulai menggunakan kapal selam bermesin diesel untuk pergerakan di permukaan air.
Pada tahun 1954, Angkatan Laut Amerika Serikat membuat sejarah baru dengan meluncurkan kapal selam pertama bertenaga nuklir bernama Nautilus. Nautilus pun menjadi kapal selam pertama yang berhasil melintasi Kutub Utara pada tahun 1958. Prestasi lain diukir oleh kapal selam Triton yang berhasil mengarungi seluruh lautan di dunia pada tahun 1960. Kapal ini mampu melintasi jarak sejauh 66.970 km dalam waktu 84 hari saja. Bukan hanya Amerika Serikat, Uni Soviet juga mempunyai sekitar 350 kapal selam, dengan sekitar 60 kapal selam yang dipersenjatai rudal balistik.
engineeringtown.blogspot.com
kapal selam u-boat


Pada tahun 2010 di Barrow-in-Furness di Cumbria, Inggris diluncurkan kapal selam terbesar Inggris di dunia. Kapal selam bernama Ambush ini panjangnya lebih kurang 291 kaki, setara dengan panjang lapangan sepak bola. Kapal selam terbesar ini mampu mengubah air laut menjadi oksigen dan air tawar sehingga mampu mempertahankan 98 kru-nya tetap hidup.

Selain itu, kapal selam ini juga nyaris tak bersuara sehingga tak mudah dideteksi musuh. Sonar dan radar kapal selam Ambush bisa mendeteksi kapal lain yang berjarak 3.000 nautikal mil (5.556 kilometer). Hebatnya lagi, misi kapal selam biasanya hanya 10 minggu, tetapi secara teori kapal selam ini bisa bertahan di dalam air tanpa perlu muncul ke permukaan seumur hidupnya selama 25 tahun. Mesinnya yang bertenaga nuklir bisa menggerakkan kapal dengan kecepatan hingga 20 knot. Saking besarnya, energi nuklirnya dikatakan bisa menghidupi seluruh kota Southampton.

referensi paragraf 2-9 : (engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/210-sejarah-kapal-selam)

Seperti yang kita ketahui waktu duduk di bangku SMA, kapal selam mampu menyelam dengan menggunakan prinsip Hukum Boyle, tentang Gaya Apung Ke Atas. Dikatakan setiap benda yang masuk atau tercelup air maka akan mendapat gaya perlawanan sebesar gaya berat yang diberikan benda tersebut kawan.

stabilitas kapal selam

Nah, disini mulai terjadi yang dinamakan rekayasa berat. Rekayasa berat adalah pengaturan besar kecilnya gaya berat yang diberikan oleh benda. Dalam kasus ini yang kita bicarakan adalah kapal selam. Kapal selam akan mengatur beratnya dengan adanya manipulasi besar kecilnya komposisi udara dan dan air nyang berada di dalam tubuh kapal.




cara kerja kapal selam

Mengapa tidak terbalik?? Ini nih, yang perlu kamu tahu kawan.. kapal selam di desain seperti halnya bola yang diberi pemberat pada bagian bawahnya, jadi stabilitas kapal selam sangatlah baik. lalu kenapa bisa naik turun? Bagaimana udaranya? Darimana asalnya? Hehehe.
Bentar-bentar,, begini begini, yok kita bahas lagi saat kapal selam mulai turun,, maka udara yang ada dalam rongga-rongga lambung kapal akan dikompresi oleh kompresor yang akan disimpan dalam ruangan khusus yang berada dalam kapal selam. Jadi air laut mampu masuk kedalam rongga kapal, yang nantinya akan membuat berat kapal bertambah. Hal inilah yang menyebabkan kapal mampu turun di bawah permukaan air laut.
Yang kedua adalah proses kapal mulai naik, pada saat kapal mulai naik maka air yang ada di dalam rongga akan dikeluarkan dengan menggunkan pompa kemudian digantikan oleh udara yang tadinya dikompresi di dalam lambung kapal.
kapal selam berganti udara
proses penggantian udara


Nah tinggal satu lagi ini, terus udara bersihnya buat napas paara pak tentaranya gimana??? Untuk mengambil udara segar, kapal haru muncul terlebih dahulu ke permukaan air laut. Yang mana kapal akan membuka katup yang menghubungkan ruangan awak kapal dengan udara luar, selain itu penggunaan kompresor untuk menarik udara kedalampun dapat digunakan, jadilah pergantian udara yang telah pengab jadi udara segar.. hehehehehehhe :D

Comments

Popular posts from this blog

Cara pemasangan dan pengaturan panjang langkah pahat pada mesin sekrap

Prosedur Pengoperasian Mesin Skrap : 1.) Langkah-langkah pemasangan pisau pahat a. Kendorkan mur penahan pahat atau sering disebut (kunci kepala pahat), kemudian masukkan pisau pahat dengan panjang tertentu sesuai pada gambar yang diberi tanda lingkaran merah sesuai gambar dibawah ini. dapt mengatur letak mata pisau pahat b. Posisikan mata pisau dengan bagian mata pisau yang tajam menghadap keluar atau menjauh dari mesin, tujuannya agar pahat dapat memakan benda kerja tetapi pada gerakan baliknya tidak memakan seperti yang ditunjukan pada lingkaran kuning dibawah ini. agar hasil yang didapap optimal c. Untuk mengatur kemiringan mata pisau, maka kendorkan baut penahan kemudian miringkan posisi mata pisau sesuai kebutuhan pada alur yang telah ada. kemiringan sesuai bahan material 2.) Pengaturan Panjang Langkah pada mesin sekrap : a. Untuk mengatur panjang langkah pisau maka yang dilakukan adalah mematikan mesin terlebih dahulu dengan menekan tuas p

sistem kerja pompa oli sederhana

Sistem kerja pompa pelumas sederhana Assalamualaikum,,   J Barang baru,, barang baru,,, hehehe,,, kawan berbagi cerita sedikit ini tentang barang-barang yang ada di sekitar kita. Kadang rasa malas selalu menghinggapi kita untuk sedikit berpikir analisis tentang benda-benda yang ada di sekitar kita ini. betul kah? Hehe, Begini begini, kali ini mumpung sempat sini nih,,, tak certain tentang tentang bagaimana sistem kerja alat penyemprot minyak pelumas yang biasanya digunakan untuk melumasi komponen-komponen permesinan. Untuk mengetahui bagaimana sistem kerjanya, maka pembedahan atau surgery harus dilakukan. Jika gambar diatas menggambarkan bentuk penyemprot atau pompe dari luar, maka